SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien: Sekolah berbasis Multiple Inteligence dengan khas pesantren di Karangmojo, Trirenggo, Bantul, DIY

Sabtu, 21 April 2018

Kartini Day on SMP IP: Saatnya Perempuan Tangguh Beraksi


Setiap tanggal 21 April seluruh warga Indonesia sering mengaitkannya dengan hari emansipasi wanitanya Indonesia. Hal ini tidak lain karena R.A Kartini yang pada waktu itu menjadi pelopor kemerdekaan pendidikan bagi perempuan lahir ditanggal yang sama pada tahun 1879. Perempuan yang dulunya hanya di teman dibelakang atau orang jawa menyebutnya konco wingking dapur, sumur, kasur. Namun berkat perjuangan beliau melalui masterpiece-nya buku yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang". Karya ini membuktikan pada saat itu bahwa wanita juga merupakan makhluk yang pantas untuk dihargai eksistensinya. Hal tersebut efeknya berlanjut hingga zaman sekarang. Begitu terasa efeknya sampai ke SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien. Guru-guru dan siswa-siswi meluapkan aksinya setiap hari baik proses belajar maupun berkreasi lainnya.

Perayaan kartini tahun ini sangat spesial dan berbeda dari lainnya karena semua acaranya sangat perempuan sentris. mulai dari upacara perayaan kartini semua yang bertugas adalah ibu-ibu guru, terus berbagai lomba yang memang biasanya dilakukan oleh para perempuan, yakni lomba make-up, lomba memasak dan lomba fashion show. Hal ini dilakukan agar semua civitas akademika SMP IP paham akan peran wanita bahwa jangan hanya berpandangan sempit terkait peran wanita di sekolah dan masyarakat. Perempuan yang keren adalah perempuan yang kreatif dan bisa memposisikan diri sebagai ibu dirumah, anak yang berbakit dirumah dan berkarya didunia yang luas untuk kontribusi kepada bangsa kita yang tercinta ini.

Pada saat yang sama anak-anak juga diminta untuk menulis surat untuk presiden dan simbah kartini jika masih hidup. isi suratnya bervariasi, ada yang lucu-lucu. ada juga yang serius berpesan ke pak Jokowi. diantara isi suratnya adalah (teks surat murni dari anak-anak, penulis tidak mengubahnya)
Kepada Pak Presiden Jokowi
Saya mengharapkan agar perempuan itu diperlakukan sebaik-baiknya
STOP KEKERASAN terhadap PEREMPUAN
by: Rizky Aris Munandar (siswa angkatan 9/ pada saat ini kelas 7)

Menurutku Perempuan/ wanita itu diharuskan memakai jilbab/ berhijab dan harus menutupi auratnya agar para kaum laki-laki itu tidak semena-menda menggangu kaum wanita dengan cara yang tidak baik.
Bagi umat islam itu harus tahu tentang syariat Islam cara menjaga diri dengan baik.
Bagi kaum waniti itu HARUS mencontoh R.A.Kartini, karena R.A Kartini itu perjuangannya sangat besar bagi kaum wanita. Perjuangannya itu sangat membantu kaum wanita tapi sayang, R.A Kartini harus menghembuskan nafas terakhir pada umur ke-25. Jadi kesimpulannya kaum wanita harus menjadi yang lebih baik
by. M. Bagas Nurwansyah (siswa angkatan 9/ pada saat ini kelas 7)

Semua wanita di Indonesia harus dikasih hak untuk bekerja/ sekolah agar sama-sama merasakan
by. Hanan (siswa angkatan 8/ pada saat ini kelas 8)

Kepada Pak Presiden Jokowi.
Saya berharap agar Perempuan-perempuan di Indonesia diberlakukan sebagaimana haknya dan HAM harus ditegakkan.
STOP KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN
by. Yusril Ihza Mahendra (siswa angkatan 7/ pada saat ini kelas 9)

to. generasi micin
Jangan sampai penerus generasi bu Kartini menjadi Kimcil
by. Anonim bukan generasi micin

Buat bapak Ir. H. Joko Widodo
1. Orang perempuan harus pake hijab bagi umat Islam
2. Anak perempuan harus dijaga, jangan disakiti
by. Alwi Aufa (siswa angkatan 9/ pada saat ini kelas 7)
Fantastis dan mengejutkan anak-anak seusia SMP sudah memiliki pemikiran yang luas dan global. Mungkin tahap kali ini kontribusi mereka melalui surat-surat singkat untuk pak Jokowi (semoga beliau atau staffnya melihat post ini) kita doakan bersama-sama kedepannya mereka bisa berkontribusi lebih nyata dengan karya-karyanya.













Share:

Entri yang Diunggulkan

Serunya Sekolah Sambil Belajar: Field Trip to Afandi Museum and Monjali in 2018

Siapa berani lawan bu ulfa? guru terkiler di SMP IP (katanya) anak-anak ini karya mbah afandi dari awal perjuangan hingga meninggal, ...

Recent Posts

Sidebar Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Badge

Google+ Followers

Total Tayangan Halaman

Search This Blog

International

Auto News

Text Widget

About Me

Breaking News

Sample Text

Pages