SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien: Sekolah berbasis Multiple Inteligence dengan khas pesantren di Karangmojo, Trirenggo, Bantul, DIY

Minggu, 08 April 2018

Pengajian Orangtua/ Wali Murid Rutin April 2018: Karena Merupakan Bagian Penting Prestasi Siswa








Triwulan sekali SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien mengadakan pengajian orang tua wali murid rutin sebagai wujud nyata bahwa pendidikan anak akan berhasil apabila kombinasi antara sekolah, siswa serta orang tua bekerja sama dengan baik. Pertemuan rutin ini adalah waktu yang sangat tepat bagi pihak sekolah untuk menyampaikan hal-hal yang sudah dilakukan pihak sekolah sebagai laporan pertanggungjawaban serta rencana program-program yang akan dilaksanakan. Sehingga orang tua paling tidak bisa mengetahui setiap hari anaknya ngapain di sekolah. Selain itu orang tua juga bisa menyampaikan tanggapan dari laporan sekolah serta mengusulkan beberapa hal-hal terkait kemajuan sekolah serta peningkatan prestasi anak-anaknya. Kemudian karena SMP IP merupakan sekolah dengan budaya Islam yang kuat, maka setiap pertemuan wali selalu diisi dengan pengajian parenting khas pondok pesantren dilanjutkan dengan pembacaan tahlil serta doa untuk sekolah dan anak-anak semua.


Achmad Siddicq (Kepala Sekolah) sedang memberikan sambutan
Pada pertemuan kali ini diadakan pada hari Ahad, 15 April 2018 di Mushola SMP IP Al Mubtadi-ien dengan maksud utama adalah pembagian hasil nilai UTS untuk kelas 7 dan 8 kemudian persiapan USBN dan UNBK untuk kelas 9 yang akan dilaksanakan di bulan yang sama. Pihak sekolah menghimbau bahwa nilai yang tertera diatas lembar kertas hanyalah angka-angka numerik yang tidak akan ditanya dikehidupan bermasyarakat, jadi jangan terlalu keras memarahi anak jika angkanya buruk. Namun tegurlah anak atau bahkan boleh dimarahi jika anak tidak mau belajar dan meningkatkan dirinya dari sebelumnya, karena hal tersebut lebih berbahaya daripada nilai yang buruk. Nilai yang jelek pada suatu mata pelajaran tertentu tidaklah begitu berpengaruh pada kehidupan selanjutnya, justru anak perlu fokus dan mempelajari hal-hal yang dia senangi agar menjadi ahli dan master di bidang tersebut.
Setelah itu, pihak sekolah juga menginformasikan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 ini. "Jika bapak ibu semua sebagai orang tua atau wali siswa di sini merasa puas dan senang saat anaknya bersekolah disini, kami mohon sebarkan berita positif itu ke sekitar anda. Namun jika ada hal yang kurang berkenan atau tidak mengenakkan mohon secepatnya beritahu kepada kami, Insyaallah kami siap memperbaiki sesuai tenaga kami" himbau Achmad Siddicq, Kepala Sekolah pada sambutannya.
Susasana pengajian rutin SMP IP Al Mubtadi-ien

Festival Anak Islam Prestasi juga tidak luput dari disampaikan guna menyebarluaskan acara harlah sewindu sehingga orang tua wali bisa turut andil dalam membantu kesuksesan acara yang ada di sekolah. Sebenarnya sebelum diselenggarakan FAIP di sekolah, Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien juga hendak mengadakan acara akhirussannah pada tanggal 27 April 2018. Guna menyukseskan acara tersebut dan memupuk budaya santri para siswa SMP IP akan melaksanakan Pesantren Prestasi pada saat liburan UNBK tanggal 23 April 2018 selama 3 hari.

Hal-hal tersebut kami sampaikan kepada orang tua wali siswa sebagai bentuk transparansi laporan pertanggungjawaban serta pengumuman rencana program sekolah beberapa bulan ke depan.

Setelah sambutan dari kepala sekolah, acara dilanjutkan dengan pengajian dari pak Holid Ismail guru PAI yang sudah mengabdi lama di Yayasan Muhammad Idris. Pas Ismail mengajak para orangtua untuk lebih membuka mata dan telinganya terhadap perilaku anak-anaknya. Karena tidak dapat dipungkiri prestasi anak akan berkembang jika mendapatkan perhatian yang cukup dari segala pihak, dan orang tua mendapatkan porsi dan tanggung jawab paling besar. Jangan hanya mempasrahkan dan merasa cukup anaknya dititipkan di sekolah, namun peran orang tua untuk membimbing anaknya adalah sangat penting
Pak Holid Ismail mengisi pengajian
Share:

Entri yang Diunggulkan

Serunya Sekolah Sambil Belajar: Field Trip to Afandi Museum and Monjali in 2018

Siapa berani lawan bu ulfa? guru terkiler di SMP IP (katanya) anak-anak ini karya mbah afandi dari awal perjuangan hingga meninggal, ...

Recent Posts

Sidebar Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Badge

Google+ Followers

Total Tayangan Halaman

Search This Blog

International

Auto News

Text Widget

About Me

Breaking News

Sample Text

Pages