SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien: Sekolah berbasis Multiple Inteligence dengan khas pesantren di Karangmojo, Trirenggo, Bantul, DIY

Jumat, 25 Mei 2018

Ingat Kami Pasukan Prestasi Jilid 6: Wisuda SMP IP 2018



Tiada kata yang lebih pantas diucapkan dalam prosesi wisuda ini kecuali Alhamdulillah, Segala puji untuk Allah, Tuhan semesta alam. Sudah 3 tahun berlalu semenjak pasukan prestasi ke-6 ini masuk ke sekolah pertama kali dengan gembira dan harapan yang besar kelak akan menimba ilmu disini. Namun sekarang, hari senin 28 Mei 2018 atau tepatnya tanggal 12 Ramadhan 1439H, dibulan yang mulia ini mereka telah menyelesaikan tugas mulianya sebagai pembelajar sejati. Yaitu belajar bagaimana cara mempelajari pelajaran dalam hidup ini, kelak mereka bisa menerapkannya dikehidupan mendatang. Menjadi manusia pembelajar bukan cerdas yang dibutuhkan, bukan ijazah yang diminta saat kerja, bukan juga angka-angka yang besar saat mengabdi pada nusa bangsa, bukan lagi teori-teori rumit yang ditanya di masyarakat. Namun bagaimana kita mempelajari lingkungan sekitar dan menerapkan teori dan pelajaran yang pernah kita peroleh di bangku sekolah maupun kuliah kelak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi, yang terpenting bukan masalah nilai maupun angka, namun akhlak pembelajar dan jiwa santri yang tertanam di diri kalianlah yang akan dicari-cari masyarakat kelak. Maka jadilah manusia pembelajar yang berjiwa santri.

Ingat kami wahai pasukan prestasi angkatan ke-6.

Terima kasih yang seluas-luasnya kami haturkan kepada kalian wahai anak-anak berprestasi calon pemimpin beserta orangtua/ wali yang sudah mempercayakan SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien dalam mendidik anak-anaknya. Tanpa dukungan kalian semua, kita tidak akan menghasilkan apapun. Kontribusi Bapak, Ibu dan anak-anak sekalian selama 3 tahun ini sangat membantu berkembangnya SMP IP ini menuju tingkat yang semakin lama semakin naik. Menjadi sekolah yang senantiasa bertumbuh dan berkembang layaknya anak-anak usia 8 tahun. Usia yang masih sangat butuh belajar sebelum bisa berdiri tegak dengan mandiri. Sekali lagi kami perwakilan dari sekolah mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada Bapak, Ibu, dan anak-anak pasukan prestasi angkatan ke-6 sekalian atas kerjasama dan kontribusinya selama 3 tahun ini.

Jangan lupakan kami wahai pasukan prestasi angkatan ke-6

Di bulan yang suci ini, Allah membuka pintu maaf seluas-luasnya bagi orang-orang yang senantiasa mengabdi kepada-Nya. Pada kesempatan ini kami memohon kepada Allah untuk mengampuni segala dosa-dosa kami. Sekaligus kami juga meminta maaf kepada Bapak, Ibu dan anak-anak sekalian jika dalam 3 tahun pengabdian kami di dunia pendidikan mengecewakan dan kurang puas dihati. Mungkin kami pernah melayani kurang maksimal saat ada acara, kurang semangat saat mengajar, terkadang marah-marah saat melihat anak-anak salah, hingga menghukum mereka di saat-saat tertentu. Namun percayalah, itulah wujud kecintaan kita kepada anak-anak di dunia pendidikan ini. Sungguh tidak ada alasan lain untuk mengajar disini kecuali bentuk pengabdian kami guna mendidik anak-anak bangsa sehingga kelak menjadi pemimpin bagi masyarakatnya. Jika saja pada saat kami mengabdikan diri masih penuh salah, kami sekali lagi mohon maaf yang seluas-luasnya. Semoga Allah mengampuni kita semua.

Ingatlah kami kelak disaat kalian sudah sukses

Sudah 3 tahun berlalu, ingin rasanya menambah waktu kalian lebih lama untuk singgah disini namun tentu itu tidak bisa kami lakukan. Ini saatnya kalian melanjutkan cita-cita kalian yang dulu pernah disebutkan disini. Jangan hanya puas jika sudah lulus SMP, ini belum juga setengah perjalan belajar kita sebelum kita bisa mengabdikan seluruh jiwa raga untuk ibu pertiwi yang kita cintai ini. SMP, seperti namanya ini hanya sekolah menengah pertama, masa-masa belajar serius untuk pertama kali. Besok masih ada SMA, SMK atau MA yang akan lebih banyak memberikan bekal untuk meraih cita-cita kalian. Pilihlah sekolah yang bijak, jangan asal pilih karena label favorit yang sebenarnya hanya menang karena input. Pilihlah sekolah yang keren, sesuai minat kalian, pilih kereta yang mengantarkan kalian ke tujuan kalian sebenarnya. Hidup kalian, nanti kalian yang akan menentukan sendiri. Orang lain hanya jadi pertimbangan dan persetujuan, ingat yang akan sekolah kalian, maka kalianlah yang memilih dan menentukan sendiri. Tahun ini pemerintah memulai niat baiknya untuk meratakan pendidikan khususnya di DIY. Makhluk yang bernama zonasi semakin lama semakin sering terdengar sejak Permendiknas no 17 tahun 2017 lalu yang baru diterapkan tahun ini. Untuk bersekolah di jenjang SMA sederajat, pemerintah menginginkan praktek pendidikan yang seefektif dan seefisien mungkin. Setiap sekolah di DIY akan menerima seluruh siswa dengan radius 500m dari sekolah dan menempatkan 90% siswa di zona 1 atau sekitar radius 5 KM dari sekolah tersebut. Daftar sekolahnya sudah ada, juknisnya sudah ada tinggal kita ikut saja peraturan pemerintah kali ini. Ini adalah bukti semakin bagusnya pendidikan di negeri kita. Pemerintah ingin meniadakan label sekolah favorit karena input nilai semata, pemerintah ingin menyamaratakan seluruh layanan pendidikan di Indonesia walaupun masih terkesan sulit. Pasukan prestasi, pilihlah sekolah yang dekat dengan rumah kalian atau sekolah swasta yang memang benar-benar bagus dan berkualitas. Terserah kalian, yang penting sekolah tersebut bisa mengantarkan kalian menuju cita-cita luhur kalian.

Sebelum secara resmi Pasukan Prestasi angkatan ke-6 kami kembalikan ke orangtua kalian, ijikan saya membacakan puisi yang saya buat sendiri khusus untuk Pasukan Prestasi angkatan ke-6 yang terinspirasi dari film Coco.

Ingat kami,
Karya: Achmad Siddicq (2018)
Ingat kami wahai pasukan prestasi
walaupun kami harus mengucapkan selamat tinggal
ingatlah kami
janganlah bersedih
walaupun kami akan jauh darimu
kami akan tetap selalu menggenggammu dihati
kami panjatkan doa khusus untuk kalian setiap malam 
Ingatlah kami,
walaupun kalian harus pergi jauh
ingat kami
ketika bermunajat di malam hari
ketahuilah hanya itu cara kita bersama lagi
sampai kelak kita dipertemukan lagi 
ingatlah kami
untuk kami yang sebentar lagi akan pergi
ingat kami
biarkan cinta ini abadi
ketahuilah hanya itu cara kita bersama lagi
sampai kelak kita dipertemukan lagi
Ingatlah kami,
ingat kami wahai pasukan prestasi

Kata demi kata perpisahan sudah terucap, tak banyak lagi kata yang bisa keluar dari mulut ini lagi. Akhirnya kami hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih dan memohon maaf yang sebesar-besarnya. Dengan ini, pasukan prestasi angkatan ke-6 secara resmi kami kembalikan ke orangtua/ wali kalian. Ingatlah baik-baik kenangan-kenangan dari sekolah ini. Hanya ini yang bisa kami berikan. Ingat kami kelak saat kalian sudah sukses, jangan lupakan kami. See You on Top. Sampai jumpa besok ketika kita sudah sama-sama diatas.

Share:

Entri yang Diunggulkan

Kami Hanya ingin menjadikan anak “PINTER & APIK”: Visi dan Misi SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien

“Pinter lan apik” atau dalam bahasa Indonesia berarti pintar dan berbudi pekerti yang bagus. Hanya dua kata itu yang saya bisa simpulkan...

Recent Posts

Sidebar Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Badge

Google+ Followers

Total Tayangan Halaman

Search This Blog

International

Auto News

Text Widget

About Me

Breaking News

Sample Text

Pages