SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien: Sekolah berbasis Multiple Inteligence dengan khas pesantren di Karangmojo, Trirenggo, Bantul, DIY

Senin, 21 Mei 2018

Uang Sekolah Tunggal (UST): Terobosan Pembayaran Sekolah yang Transparan dan Bertingkat (PPDB 2018)


Pembayaran adalah hal yang paling krusial dan menjadi pertanyaan yang paling sering muncul saat pendaftaran. Kadang-kadang orangtua/ wali siswa tidak terlalu mempedulikan kurikulum maupun kegiatan yang ada disekolah. Tapi yang paling penting adalah faktor pembiayaan, asalkan biayanya terjangkau jadilah anaknya sekolah disana. Namun seringkali hampir semua sekolah sekarang meminta pungli-pungli (pungutan liar) diluar biaya SPP. ada biaya daftar ulang, pembangunan, wisata, buku, kegiatan dan lain sebagainya yang tidak transparan dan biasanya pemberitahuannya mendadak. Sehingga para orang tua kelabakan dan bingung mencari pinjaman dimana untuk membayar biaya pendidikan dadakan anaknya. Kita hidup di lingkungan masyarakat dengan pekerjaan, kehidupan sosial, maupun tanggungan keluarga yang berbeda berbeda kemampuannya. Pihak sekolah disini jarang sekali melihat ini sebagai sebuah kesenjangan. Pembiaaan yang sama kepada semua sebenarnya bukanlah sebuah keadilan yang sejati karena penghasilan dan tanggungan keluarganya berbeda,

Bagaimana dengan pembiayaan di SMP IP Al Mubtadi-ien tahun 2018/2019 ini?

Insyaallah kami mengusahakan pembiayaan yang lebih transparan dan berkeadilan sehingga tidak ada lagi orangtua yang keberatan dalam sisi finansial untuk menyekolahkan anaknya disini. Jika anda pernah kuliah atau memiliki keluarga yang kuliah di PTN dengan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) mungkin akan sama, hanya angka dan penggunannya yang berbeda. Konsep utama model pembayaran Uang Sekolah Tunggal (UST) ada dua, yaitu transparan dan bertingkat. 

Transparan

Transparan artinya tidak ada lagi pungutan-pungutan liar terselubung. Jumlah seluruh biaya pendidikan di sekolah sudah disampaikan diawal dengan segala rinciannya. Selama 3 tahun bersekolah disini insyaallah sudah disampaikan semua dan tidak ada lagi pungutan uang tambahan lagi. Semua pembiayaan sudah kami kalkulasi dan diringkas dalam bentuk uang pendidikan bulana. Sehingga tidak ada lagi uang gedung, uang seragam, uang buku, uang kegiatan, uang daftar ulang, uang wisuda dan pembiayaan lain, cukup dengan membayar SPP perbulan dengan nominal yang tetap dari awal menjadi siswa baru hingga lulus. Bukankah suatu pembiayaan yang betul-betul transparan dan tidak membuat orangtua/ wali anda senam jantung setiap semester baru? Disaat sekolah lain berlomba-lomba membesarkan uang gedung dan uang daftar ulang dengan dalih pengembangan sekolah diawal semester, kami justru meniadakan pungutan tersebut dengan harapan memperingan biaya orangtua/ wali dalam membayar biaya setiap awal semester.

Bertingkat

Tidak bisa dipungkiri jika tingkat kesejahteraan sosial di Indonesia khususnya di daerah jogja masih belum merata. Ada yang penghasilan perbulannya lebih dari 5 juta namun masih banyak juga yang sebulannya hanya dapat 500 ribu bahkan kurang. Menanggapi kesenjangan tersebut SMP IP Al Mubtadi-ien menawarkan program pembiayaan yang bertingkat sesuai dengan kemampuan masing-masing orangtua/ wali. Sistem Uang Sekolah Tunggal ini menganut sistem subsidi silang dimana nantinya orangtua/ wali yang lebih berkecukupan membayar lebih tinggi sedangkan yang dianggap masih kurang mampu akan lebih rendah pembayarannya. Dengan demikian harapannya semua dapat bersekolah di SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien dengan tanpa memikirkan biaya-biaya yang rumit dan melilit lagi.


Terus, Berapa Biaya Perbulannya?

Berikut ini adalah semua pembiayaan selama 3 tahun bersekolah di SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien secara ringkas (bila ingin lebih detail silahkan hubungi link ini).
Singkat kata normalnya biaya sekolah di SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien hanya Rp 310.000,-/ per bulan selama 3 tahun dan insyaallah tidak ada tambahan biaya lagi dari sekolah.
Tingkat/ level pembiayaan dibagi menjadi 3, yaitu
- Level 1 --> Rp 260.000,- perbulan jika dikalkulasi Rp 1.560.000,- persemester
- Level 2 --> Rp 310.000,- perbulan jika dikalkulasi Rp 1.860.000,- persemester
- Level 3 --> Rp 360.000,- perbulan jika dikalkulasi Rp 2.160.000,- persemester
Penentuan level dinyatakan setelah pendaftaran secara resmi ditutup (tanggal 15 Juli 2018). Untuk lebih detailnya bisa dilihat di gambar berikut:

Share:

Entri yang Diunggulkan

Kami Hanya ingin menjadikan anak “PINTER & APIK”: Visi dan Misi SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien

“Pinter lan apik” atau dalam bahasa Indonesia berarti pintar dan berbudi pekerti yang bagus. Hanya dua kata itu yang saya bisa simpulkan...

Recent Posts

Sidebar Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Badge

Google+ Followers

Total Tayangan Halaman

Search This Blog

International

Auto News

Text Widget

About Me

Breaking News

Sample Text

Pages